Hindari Konsumsi Fastfood

Tak bisa dipungkiri jika makanan fastfood banyak digemari oleh semua orang terlebih anak-anak. Maklum saja, makanan siap saji memang lezat dan kemasannya menarik dan bersih. Namun dibalik penampilannya yang menggiurkan, fastfood memiliki banyak bahaya yang mengancam kesehatan tubuh.
Kandungan yang terdapat dalam fastfood adalah lemak yang tinggi dan rendah serat. Makanan ini banyak mengandung kalori, garam, lemak dan kolesterolnya sangat tinggi. Kandungan gizi dalam suatu makanan harus seimbang, yakni ada sumber tenaga, sumber protein, mineral dan vitamin. Yang kita butuhkan sebenarnya adalah makanan yang mengandung banyak serat, yang berguna untuk membantu pencernaan dan memperlancar buang air besar. Resiko yang diakibatkan oleh fastfood adalah penyakit degeneratif, seperti tinggi kolesterol, jantung, hipertensi. Penyakit degeneratif berawal dari pola makan yang salah. Kandungan gizi yang ideal dalam makanan yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat sebesar 60-70%, protein 30%, dan lemak 30%.
Pola makan hidup sehat dapat dilakukan dengan jalan : pertama, membiasakan sarapan dan makan di rumah. Makanan rumah bisa dipastikan lebih sehat dan bergizi. Kedua, perhatikan kandungan yang ada dalam makanan yang kita beli. Ketiga, kalau memang terpaksa sekali makan di luar rumah, pilih nasi atau kentang, makanan yang ada salad sayur segar atau sup sayur, pilih daging yang bagus dan usahakan hilangkan kulit dan lapisan tepungnya. Untuk minumannya pilih jus buah segar atau air mineral. Keempat, perbanyak minum air putih, dan kelima, perbanyak mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan segar.
Sumber : Endah Bardiati - Ahli Gizi R.S. Mitra Keluarga Surabaya
(Iklan Pos Edisi Januari 2009)