Kopi Pemicu Halusinasi

Kawan atau saudara mengaku melihat hantu atau mendengar suara asing. Tanyakan, apakah dia pecandu kopi atau bukan. Menurut penelitian di Inggris, orang yang terlalu banyak minum kopi cenderung mengalami efek halusinasi.
Tim peneliti dari Universitas Dunham menyimpulkan, orang yang minum lebih ari tujuh cangkir kopi instan sehari cenderung tiga kali lipat mengalami halusinasi. Hal tersebut dibandingkan dengan orang yang hanya minum secangkir kopi sehari. Kesimpulan itu diambil setelah mereka menyurvei 200 mahasiswa atas kebiasaan mengonsumsi kopi dan pengalamannya melihat hal-hal mistis. "Ini langkah awal mempelajari faktor-faktor yang berhubungan dengan halusinasi secara lebih luas", ujar Simon Jones, psikolog yang mengetuai tim penelitian tersebut.
Dia mengatakan, dari penelitian-penelitian sebelumnya, diketahui bahwa tekanan, misalnya trauma masa kecil berhubungan dengan halusinasi. Padahal, kopi pun meicunya. Hubungan antara kopi dan halusinasi diduga terkait dengan hormon kortisol. Halsuinasi timbul saat tubuh terlalu banyak memproduksi hormon kortisol. Hormon tersebut dihasilkan saat seseorang stres. Konsumsi kafein juga memicu produksi hormon tersebut.
Meski demikian, Jones menekankan, hubungan tersebut bukanlah hubungan sebab, akibat. Kalaupun kafein memicu halusinasi, pengaruhnya mungkin tak sebesar faktor psikologis lainnya. Tak hanya kopi yang berpengaruh. Juga teh, cokelat, dan minuman berenergi lain yang mengandung kadar kafein tinggi.

Sumber : Jawa Pos 1 Februari 2009