Anak Butuh Tambahan AA/DHA

Setelah enam bulan, biasanya ibu menambahkan susu formula. Ibu harus paham dan teliti dalam memilih susu formula yang tepat. Apalagi saat ini beragam merek susu formula beredar di pasaran.
"Jika bingung memilih susu formula, pilih yang komposisinya mendekati ASI", kata dr. E. Lisa Angraini Subrata SpA.
Dalam ASI (air susu ibu) terkandung whey protein (protein yang mudah dicerna tubuh bayi). Kadarnya hampir 80 persen. Sisanya adalah kasein atau protein yang sulit dicerna. Selain itu, dalam ASI terdapat energi, lemak, serta karbohidrat. Kadar vitaminnya bervariasi.
"Nah, suplemen tambahan yang harus diberikan untuk anak pengonsumsi susu formula adalah AA/DHA", lanjut spesialis anak dari R.S. Adi Husada Kapasari itu.
Asam lemak rantai panjang tak jenuh tersebut sangat bagus untuk pembentukan membran sel. Terutama pada otak dan retina anak tahap golden period. "Pilih susu formula yang telah dolengkapi kandungan AA/DHA", imbuhnya.
Bahan lain yang juga bermanfaat untuk proses tumbuh kembang adalah taurin. Itu penting untuk perkembangan otak serta metabolisme dalam empedu. Bisa juga ditambah suplemen antiinfeksi, berupa lysozine, lactoferine, atau immunoglobulin (IgA) komplemen. Penambahan bahan gangliosida, menurut alumnus FK Unair itu, masih diperdebatkan. "Penambahan bahan tersebut ke susu formula tak nyata perbedaannya", imbuh Lisa.

Sumber : Jawa Pos 28 Maret 2009