Infeksi Telinga Berlanjut ke Otak

Infeksi telinga dapat terjadi kapan saja. Kondisi begini tak boleh diabaikan. Sebab, hal itu dapat memicu komplikasi. Salah satunya, radang otak.
Menurut dr Wiyono Hadi SpTHT-KL, infeksi pada telinga dibagi menjadi tiga. Yakni, infeksi yang terjadi pada telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Salah satu pemicu infeksi telinga bagian luar adalah kesalahan cara membersihkan telinga. "Pengorekan terlalu dalam disertai penekanan keras menyebabkan telinga lecet hingga infeksi", ujar dr Wiyono Hadi dari RS PHC Surabaya tersebut.
Nah, infeksi telinga bagian tengah sering terjadi karena batuk pilek yang tidak segera diobati. Lebih dari itu, gendang telinga ikut rusak. Penyebabnya, gendang telinga tidak mampu menahan tekanan nanah yang muncul karena infeksi pada telinga tengah. Nanah yang keluar dari telinga lazim disebut orang awam sebagai kopoken. "Tertusuk saat korek-korek kuping terlalu dalam juga mengakibatkan infeksi", ungkap Wiyono.
Infeksi telinga bagian dalam dapat memicu radang otak. Meski tergolong jarang, tapi berdampak fatal. Jika terjadi radang otak, penanganannya melibatkan dokter THT, dokter saraf hingga bedah saraf.

Sumber : Jawa Pos 4 Maret 2009