Kelebihan Vitamin A, Stop Sementara

Vitamin penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Tapi, konsumsinya harus tepat. Bila berlebihan, justru akan mengundang penyakit.
Menurut dr. Pandji Mulyono SpPD KEMD, kelebihan vitamin biasanya mempengaruhi organ pencernaan. Khususnya vitamin A, bila kadarnya berlebihan di dalam tubuh, telapak tangan dan kaki bisa menjadi kuning. Gejala tersebut tak diikuti perubahan warna bagian putih mata. Hal itu dinamakan hypervitaminosis A. Kebutuhan tubuh vitamin A berkisar 4.000-5.000 IU.
"Pepaya dan wortel merupakan buah serta sayuran yang kaya vitamin A. Tapi dikonsumsi secukupnya saja", ujar spesialis penyakit dalam dari RSAL dr Ramelan Surabaya tersebut. Untuk menghilangkan gejala itu, menurut dia, tak ada penanganan atau obat khusus. Pasien cukup menghentikan konsumsi wortel dan pepaya untuk sementara.
"Lama-kelamaan, gejala kuning di telapak tangan serta kaki tersebut akan hilang sendiri", jelas Pandji. Dia menghimbau masyarakat menjalani pola hidup sehat serta makan sesuai pola 4 sehat 5 sempurna.

Sumber : Jawa Pos 11 Maret 2009