Lindungi Kulit Cegah Kapalan

Telapak kaki dan tangan adalah bagian tubuh yang sering mengalami gesekan dan tekanan. Muncul kapalan di dua daerah tersebut. "Kaki yang kapalan mungkin terasa sakit. Demikian juga di tangan. Saat bersalaman, jadi agak malu", tutur dr. Djamila SpKK.
Spesialis Kulit dan Kelamin RS PHC Surabaya itu menyatakan, kapalan adalah penebalan kulit bagian atas (stratum korneum atau lapisan keratin). Kondisi tersebut terjadi karena tekanan atau gesekan terus menerus pada kulit dalam waktu lama.
Kapalan, sebagaimana diketahui, ditandai kulit yang menebal dan keras. Kemudian, terbentuk lapisan-lapisan kering. Menurut Djamila, ada beberapa tindakan untuk menghindari kapalan.
"Usahakan mengenakan sarung tangan. Terutama pengendara motor dan pekerja keras. Bahan kaus mengurangi gesekan", jelasnya.
Demikian pula kaki. Jenis kulit kaki yang kering bakal tambah parah jika terpapar pendingin udara atau cuaca kering terus menerus. Belum lagi, kaki terpapar zat-zat kimia dari deterjen atau pembersih lantai. "Usahakan mengenakan alas kaki saat mencuci atau membersihkan lantai", katanya.
Ada pula kapalan akibat gesekan dengan bagian sepatu atau sandal. Biasanya, penebalan kulit itu terjadi karena penggunaan sepatu berhak tinggi, gangguan tulang metatarsal, ketidaknormalan cara berjalan, atau gara-gara obesitas.
Bila terlanjur demikian, dapat disiasati dengan mengoleskan pelembab pagi sebelum beraktifitas, dan pelembab malam sebelum tidur. Cara lain, menggosok kulit yang menebal dengan batu apung. Kalau cara itu tak berhasil, mungkin dokter akan memberi obat atau membuang kulit yang menebal.

Sumber : Jawa Pos 16 Maret 2009