Telentang Cegah Keriput Dini

Ingin kulit wajah tampak awet muda dan tak mudah keriput? Perhatikan pola tidur. Sebab, ada kaitan antara pola tidur dan penuaan dini. Bagi mereka yang terbiasa tidur dengan posisi miring ke kanan, misalnya, elastisitas kulit bagian tersebut akan berkurang karena mengalami tekanan saat tidur. Demikian pula bila kerap tidur miring ke kiri.

“ Bila elastisitas kulit berkurang, kerutan akan mudah muncul. Itu yang membuat kita terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya”, tutur dr Ruth Julyana, praktisi kecantikan di Melliderma Clinic.

Posisi tidur yang baik, menurut Ruth, adalah telentang. Dalam posisi tersebut, tidak ada penekanan terhadap kulit wajah. “Kulit wajah yang bersih dan tanpa tekanan bisa bernapas serta melakukan proses regenerasi dengan baik”, terangnya.

Sebaliknya, menurut Ruth, tidur tengkurap merupakan posisi terjelek untuk menjaga elastisitas kulit wajah. “Karena itu, ibu-ibu yang punya kebiasaan tidur tengkurap sebaiknya segera ganti posisi. Biar wajah tak cepat keriput”, katanya.

Selain posisi tidur, faktor yang bisa mempercepat penuaan dini adalah paparan sinar matahari dan sering berada di tempat dengan kelembapan rendah dalam waktu lama. Penuaan dini juga bisa terpicu akibat kurang tidur, dan stress berat.

 

Sumber : Jawa Pos 24 Juni 2009